Header Ads

Cara Merawat Rambut Panjang

 Cara Merawat Rambut Panjang

cara merawat rambutUntuk melindungi kemilau rambut panjang, Anda kudu merawatnya bersama dengan baik. Rawatlah rambut panjang bersama dengan memangkas ujungnya secara tertata dan merintis diet seimbang, memilih peralatan dan product yang berfaedah dan mampu melindungi rambut, sekaligus menghindari seluruh yang mampu membawa dampak rambut rusak dan kusut. Berikan juga bantuan ekstra bagi rambut sepanjang malam.

Merawat Tubuh dan Rambut

1. Pangkas ujung rambut secara teratur. Walaupun sering memotong rambut tidak akan membuatnya tumbuh lebih cepat, memangkas ujung rambut secara tertata akan membantu mempertahankan panjangnya. Pangkas ujung rambut Anda setiap 6 hingga 8 minggu untuk menghilangkan anggota yang rusak dan menahan ujung bercabang. Jika dijalankan secara teratur, Anda hanya kudu memangkas kurang lebih 1 cm ujung rambut.

2. Kurangi frekuensi penggunaan sampo. Penggunaan sampo akan mengangkat minyak alami yang berfaedah bagi rambut. Padahal, minyak inilah yang melindungi kesegaran rambut panjang Anda. Jika memilih menggunakan sampo, cukup menggunakan 2-3 kali di dalam seminggu dan selamanya menggunakan kondisioner setelahnya. Jika idamkan menghindari sampo, beralihlah menggunakan kondisioner pembersih. * Selalu usapkan sampo secara langsung ke kulit kepala, dan kondisioner ke ujung rambut.

3. Keringkan rambut bersama dengan hati-hati. Setelah keramas, peras sisa air di rambut bersama dengan handuk. Gunakan sisir bergigi lebar untuk merapikan kekusutan rambut. Jika mungkin, menghindari penggunaan pengering rambut dan biarkan rambut kering bersama dengan sendirinya. * Hindari mengusap kasar rambut bersama dengan handuk dikarenakan mampu membawa dampak rambut kusut dan ujung bercabang.

4. Jalani pola makan sehat. Pola makan Anda berpengaruh terhadap kesegaran rambut. Untuk melindungi rambut panjang Anda selamanya bersinar dan sehat, minumlah banyak air dan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, B, C, D, E, dan K. * Untuk menambah asupan vitamin A, C, E, dan K, menambah konsumsi buah mangga, kale, bayam, ubi manis, avokad, dan apel. * Untuk menambah asupan vitamin B dan D, menambah konsumsi bahan makanan hewani yang meliputi ikan dan product olahan susu.

5. Hindari penggunaan model rambut ketat. Meskipun kuncir ekor kuda, kepang, dan sanggul terlihat cantik dan bergaya, ketegangan terhadap rambut yang diakibatkannya mampu membawa dampak kerusakan. Gaya terbaik bagi rambut panjang adalah menggerainya ke bawah. Jika ingin, ikatlah rambut di bawah dan jangan benar-benar ketat.

6. Kurangi gesekan terhadap rambut. Ujung rambut mampu bercabang pas bergesekan bersama dengan bahan tertentu. Tatalah rambut bersama dengan menyanggulnya di bawah atau arahkan ke samping pas Anda mengenakan pakaian berbulu atau wol.

Memilih Produk dan Peralatan yang Tepat

1. Pilihlah product bernutrisi sesuai type rambut Anda. Saat memilih product perawatan rambut, bacalah label dan daftar komposisi bahannya secara saksama. Pastikan untuk selamanya belanja product yang sesuai bersama dengan type rambut Anda secara khusus. Hindari product yang mengandung natrium lauril sulfat, natrium laureth sulfat, dan isopropil alkohol. Sebaiknya, carilah product yang mengandung bahan alami khusus seperti minyak avokad, madu, atau minyak kelapa. * Jangan asal mencoba-coba product baru untuk rambut Anda.

2. Pilihlah alat pemanas bersama dengan hati-hati. Paparan panas secara tertata atau terlalu berlebih akan merusak rambut panjang. Jika mungkin, belilah peralatan yang memiliki kualitas salon. Saat membeli, pilihlah alat pelurus atau pengeriting rambut yang mencantumkan suhunya di dalam satuan derajat, bukan hanya menambahkan pilihan suhu "tinggi", "sedang", dan "rendah". Pilihan suhu di dalam satuan derajat mungkinkan Anda lebih mampu mengendalikan suhu alat. Saat memilih alat pengering rambut, carilah product yang disempurnakan bersama dengan corong pendifusi panas dikarenakan sangat mungkin Anda meratakan panas ke seluruh anggota rambut.

3. Belilah sikat rambut memiliki kualitas tinggi. Sikat rambut yang bagus benar-benar berfaedah bagi rambut panjang. Pilihlah sikat berbulu alami, idealnya sikat bulu babi. Sikat rambut Anda juga kudu cukup kuat untuk merapikan rambut yang kusut, tetapi juga cukup lembut supaya tidak menarik rambut benar-benar keras.

4. Batasi penggunaan pewarna dan product perawatan rambut. Pewarna mampu merusak rambut, pas penggunaan product perawatan secara terlalu berlebih akan membebani rambut. * Pilihan terbaiknya adalah menghindari mewarnai rambut, bersama dengan menampilkan warna rambut alami Anda. Jika memilih mewarnai rambut, cukup menggunakan terhadap anggota yang benar-benar membutuhkannya.

* Agar rambut panjang Anda terlihat mengembang, cukup menggunakan product perawatan rambut sedikit saja dikarenakan lama-kelamaan product perawatan rambut akan menumpuk di kulit kepala. Penggunaan product perawatan rambut secara terlalu berlebih akan membebani batang rambut hingga terlihat lepek dan lemas.

Melindungi Rambut di Malam Hari

1. Sikat rambut Anda sebelum saat tidur. Menyikat rambut kudu disertakan ke di dalam perawatan sebelum saat tidur. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat bulu babi untuk menyikat rambut Anda. Sikat rambut Anda berasal dari akar hingga ujungnya lebih dari satu kali. Langkah ini akan merapikan kekusutan dan meratakan minyak alami rambut ke seluruh batangnya.

2. Gunakan kuncir rambut di malam hari. Saat dikenakan di malam hari, karet rambut mampu membawa dampak rusaknya terhadap akar dan batang rambut. Jika idamkan menata rambut ke atas di malam hari, gantilah karet rambut bersama dengan kuncir rambut. Sebelum tidur, pilin rambut hingga membentuk sanggul di atas kepala dan pertahankan posisinya bersama dengan kuncir rambut.

3. Gunakan sarung bantal berbahan sutra. Sentuhan bersama dengan sarung bantal katun mampu membawa dampak rusaknya rambut akibat gesekan. Beralihlah menggunakan sarung bantal sutra untuk menahan rambut bercabang. Jika sarung bantal sutra benar-benar mahal bagi Anda, cukup balut rambut bersama dengan syal sutra sebelum saat tidur.

4. Pertimbangkan untuk mengenakan topi tidur. Terbangun bersama dengan rambut yang kusut bukanlah hal yang menyenangkan. Jadi, lindungi rambut di malam hari bersama dengan topi tidur. Topi tidur akan melindungi rambut sepanjang bergerak di malam hari supaya tidak benar-benar kusut keesokan harinya.

Tips

  • Ada benar-benar banyak model untuk rambut panjang, mencobanya adalah hal yang menyenangkan.
  • Meminta pendapat penata rambut profesional adalah langkah yang bagus. Terkadang, rambut pendek lebih sesuai untuk lebih dari satu orang, dan penata rambut tentu mengetahuinya.
  • Mengikat rambut adalah langkah yang bagus sepanjang berolahraga atau pas beraktivitas yang memerlukan pandangan penuh.
  • Mengusapkan minyak kelapa di malam sebelum saat membasuh rambut diketahui mampu mengurangi protein yang hilang pas keramas.